Selasa, 22 Oktober 2013

Pentingnya Les Bagi Siswa

Pendidikan merupakan bekal yang paling berharga dibandingkan dengan harta maupun hal lainnya. Oleh karena itu orang tua berkewajiban memberikan pendidikan yang sebaik-baiknya kepada anak-anaknya. Pendidikan dapat dilakukan di rumah, di sekolah maupun di lingkungan sekitar. Khusus untuk pendidikan formal orang tua harus menyekolahkan anak-anak mereka di tingkat SD, SMP, SMA, dan Universitas. Pendidikan formal sangat diperlukan bagi anak agar dapat memperoleh masa depan yang baik saat anak dewasa. Pendidikan formal yang dilakukan di sekolah penuh dengan tantangan dan persaingan. Tantangan dialami oleh siswa yang kurang mampu memahami pelajaran yang diberikan guru, sedangkan tantangan dialami oleh siswa saat berlomba-lomba memperoleh peringkat terbaik di kelas.
Banyak orang tua bercita-cita melihat anaknya menjadi juara kelas dan berprestasi dalam berbagai lomba. Orang tua tersebut memotivasi anaknya untuk belajar dengan lebih giat agar dapat memperoleh prestasi yang maksimal. Namun motivasi yang diberikan orang tua belumlah cukup untuk menjadikan anak menjadi lebih berprestasi. Orang tua harus berani berkorban demi prestasi anaknya. Salah satu pengorbanan yang dapat dilakukan orang tua adalah memberikan tambahan jam belajar berupa les privat bagi anak.
Les privat sangatlah penting untuk perkembangan kemampuan anak. Pembelajaran di sekolah dilakukan secara masal, satu guru menghadapi banyak siswa. Hal tersebut tentu kurang efektif dipandang dari segi pemahaman siswa. Belum tentu semua siswa memahami apa yang dijelaskan oleh guru, lalu bagaimana nasib dari siswa yang belum paham tersebut? ada beberapa jawaban yang dapat diberikan, 
  1. Siswa akan bertanya kepada guru tentang materi yang belum dipahami, namun apabila siswa tersebut pemalu tentu dia tidak akan berani bertanya kepada guru.
  2. Siswa akan bertanya kepada temannya, namun apakah teman yang ditanya tersebut telah paham teori? atau ternyata dia juga sama tidak pahamnya dengan penanya?
  3. Siswa akan diam saja dan acuh terhadap materi. Hal inilah yang menjadikan nilai siswa buruk dalam kelas.
  4. Guru akan menjelaskan kembali materi pelajaran. Hal ini jarang dilakukan guru karena terbatasnya waktu pembelajaran.
Lalu apa solusi dari berbagai masalah tersebut? solusinya adalah "les privat". Dengan les privat siswa akan berhadapan langsung dengan tentor, 1 tentor dan 1 siswa, penjelasan tentor hanya ditujukan kepada siswa tersebut sehingga siswa cenderung lebih memahami materi pembelajaran. Suasana belajar dalam les privat juga tidak menegangkan seperti di sekolah sehingga siswa tidak malu bertanya kepada tentor apabila ada materi yang belum dipahami. Tentor dapat mengulang-ulang materi pembelajaran karena waktu yang cukup banyak tersedia.
Tidak hanya siswa yang kurang pandai memahami penjelasan guru yang membutuhkan les privat, siswa yang pandaipun sangat membutuhkannya. Persaingan di kalangan siswa sangatlah ketat, siswa berlomba-lomba mendapatkan nilai yang baik untuk dapat menjadi juara kelas, untuk dapat melanjutkan pendidikan di lembaga yang diidamkannya. Untuk mengatasi persaingan tersebut les privat hadir untuk memberikan tambahan pelajaran kepada siswa agar lebih memahami materi pelajaran. Siswa mungkin telah memahami penjelasan dari guru di sekolah, namun dengan tambahan les privat siswa akan lebih dalam dalam memahami, lebih ingat dengan materi dan lebih mudah menyelesaikan berbagai macam soal. 
kesimpulannya les privat sangat berguna sekali bagi semua siswa, siswa yang" kurang", siswa yang "sedang", maupun siswa yang "pandai". Siswa yang "kurang" akan dicukupkan dengan bantuan les privat, siswa yang "sedang" akan ditingkatkan dengan les privat, dan siswa yang "pandai" akan dikuatkan oleh les privat. Itulah yang menyebabkan les privat banyak dicari orang tua yang peduli terhadap pendidikan anaknya. Jadi tunggu apa lagi....AYO IKUT LES PRIVAT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar